Solihah, Solihah (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, METODE BEYOND CENTRE AND CIRCLE TIMES (BCCT) DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RA PIM MUJAHIDIN BAGENG DAN RA MIFTAHUL ULUM PLUKARAN GEMBONG PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (9MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (11MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (15MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (15MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Untuk mendiskripsikan Tingkat Pendidikan Orang Tua, Metode BCCT, Pola Asuh Demokratis Orang Tua, dan Kemandirian Belajar Siswa di RA PIM Mujahidin dan RA Miftahul Ulum Plukaran. 2). Untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Demokratis di RA PIM Mujahidin dan RA Miftahul Ulum Plukaran.3). Untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa di RA PIM Mujahidin dan RA Miftahul Ulum Plukaran. 4). Untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa di RA PIM Mujahidin dan RA Miftahul Ulum Plukaran.5).Untuk mengetahui pengaruh Metode BCCT terhadap Kemandirian Belajar Siswa di RA PIM Mujahidin dan RA Miftahul Ulum Plukaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) dan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di RA PIM Mujahidin dan RA Miftahul Ulum Plukaran. Adapun teknik penelitian data melalui metode kuesioner, metode dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang berjumlah 85 orang. Analisa yang digunakan adalah analisa uji hipotesis dengan rumus Chi Square dengan bantuan SPSS. Hasil Penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1). Tingkat pendidikan orang tua paling banyak adalah lulusan SMA/Sederajad dengan frekuensi 40 orang atau 47 % dari jumlah responden 85 orang. Metode BCCT menunjukkan nilai mean jawaban dengan nilai 4,89 termasuk dalam kategori sangat baik karena termasuk dalam interval (4-5). Pola Asuh Demokratis Orang Tua menunjukkan mean jawaban dengan nilai 4,86 termasuk dalam kategori sangat baik karena termasuk dalam interval (4-5). Kemandirian Belajar Siswa menunjukkan mean dengan nilai 4,87 termasuk dalam kategori sangat mandiri karena termasuk dalam interval (4-5). 2). Dari keempat korelasi hanya pola asuh demokratis orang tua dan metode BCCT yang berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hitungan chi Square masing-masing (X2Y) 2 = 48,422 dan olah data SPSS diperoleh angka signifikansi 0, 008 < 0,05, maka Ha = diterima Ho ditolak, hitungan chi Square (X3Y) 2 = 143,062 dan olah data SPSS diperoleh angka signifikansi 0, 000 < 0,05, maka Ha = diterima Ho ditolak. Maka korelasi (X2Y), (X3Y) diterima maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pengelola sekolah, pemerintah, akademisi dan semua pihak, terutama dalam melaksanakan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan berkembangan zaman dan teknologi yang bertendensi pada kearifan lokal tanpa meninggalkan identitas Islam Indonesia yang moderat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education Level Parents; Democratic Parenting Parents; Method BCCT; Students Learning Independence |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 03:15 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 03:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/308 |
Actions (login required)
View Item |