Model Implementasi Pengelolaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus).

Arifin, M. (2019) Model Implementasi Pengelolaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (300kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. BAB 1 TESIS VALID_to.pdf

Download (416kB)
[img] Text
5. BAB 2 TESIS VALID_to.pdf

Download (746kB)
[img] Text
6. BAB 3 TESIS VALID_to.pdf

Download (217kB)
[img] Text
7. BAB 4 TESIS VALID_to.pdf

Download (488kB)
[img] Text
8. BAB 5 TESIS VALID_to.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (324kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan model implementasi pengelolaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus. 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat model implementasi pengelolaan kurikulum 2013 mata pelajaran Fiqih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus. 3) untuk mengetahui manfaat implementasi pengelolaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi kepala sekolah, waka-waka, guru fiqih, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: a) Model implementasi pengelolaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus dalam perencanaan pembelajaran fikih sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran fikih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus tidak selalu menggunakan pendekatan scientific approach. b) Faktor pendukung dan penghambat model implementasi pengelolaan kurikulum 2013 mata pelajaran Fiqih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus diantaranya: a. problem implementatif b. sarana prasarana dalam penerapan Kurikulum 2013 di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus. c) Manfaat implementasi pengelolaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tamrinut Tullhab Undaan Lor Kudus membawa manfaat/dampak baik bagi sekolah, guru, serta siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model, Pengelolaan, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:08
Last Modified: 11 Aug 2020 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item