PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NU MODEL GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Bisri, M. Hasan (2016) PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NU MODEL GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 .Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui penerapan strategi ekspositori dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP NU Model Grobogan tahun pelajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penerapan strategi ekspositori dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP NU model Grobogan PAI di SMP NU Model Grobogan. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan strategi Ekspositori dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP NU Model Grobogan sudah dikatakan cukup baik. Strategi ekspositori dalam pembelajaran dilaksanakan dalam lima langkah yaitu persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan dan mengaplikasikan. 2) Faktor yang mendukung strategi ekspositori dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP NU Model Grobogan dibagi menjadi dua yakni dari dalam diri sendiri (internal) dan dari luar (eksternal) yang meliputi: (1) Antusias dan semangat siswa terhadap pelajaran dengan menjaga perhatian karena kunci keberhasilan dalam pelaksanaan strategi ini terletak pada konsentrasi siswa. (2) Komunikasi antara siswa dengan guru yang berjalan lancar dalam membangun pemahaman baru. (3) Segala macam motivasi yang mendorong peserta didik untuk tetap semangat dalam belajar. (4) Didukung oleh fasilitas dari Madrasah yang lengkap, dari mulai pemakaian LCD pada pembelajaran sampai dengan buku-buku yang tersedia di sekolah yang dapat digunakan siswa untuk belajar ataupun untuk mempraktekkan pelajaran yang telah siswa dapat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagai berikut: (1) Alokasi Waktu Pembelajaran PAI yang Terbatas, (2) Tingkat Konsentrasi Siswa. (3) Lingkungan Sekolah yang tidak Kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Ekspositori; Ketuntasan; Belajar; PAI
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:08
Last Modified: 04 Feb 2017 03:08
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item