“Peran Kajian Kitab Kuning Fathul Qorib dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Muniroh, Jauharotul (2019) “Peran Kajian Kitab Kuning Fathul Qorib dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER dkk.pdf

Download (960kB)
[img] Text
2 . Abstrak.pdf

Download (282kB)
[img] Text
3. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar.pdf

Download (240kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Proses kegiatan kajian kitab kuning fathul qorib. (2) Evaluasi proses kegiatan belajar mengajar kajian kitab kuning fathul qorib. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat proses belajar mengajar kajian kitab kuning fathul qorib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses kajian kitab kuning fathul qorib dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih diawali dengan membaca hadroh kepada pengarang kitab, guru membacakan kitab, diskusi, dan penutup. (2) Evaluasi proses kajian kitab kuning fathul qorib meliputi tiga ranah yaitu aspek kognitif meliputi pengetahuan yaitu guru memberikan tes lisan (membaca, memberi makna pada, menjelaskan kembali kitab fathul qorib), Tes tertulis (memberikan soal tentang materi kitab fathul qorib kepada siswa. Yang kedua yaitu aspek afektif meliputi ranah sikap yaitu guru memberikan soal kepada siswa yang berisi tentang sikap mereka dalam melakukan sesuatu, Yang ketiga yaitu aspek psikomotorik yaitu guru memberikan tugas berupa praktik ibadah di depan kelas, guru memberikan tugas observasi atau pengamatan tentang kegiatan ibadah sehari-hari mereka di rumah. (3) Faktor pendukung kajian kitab kuning fathul qorib adalah semangat siswa yang tinggi dalam mengikuti kajian kitab kuning fathul qorib, guru pengampu berasal dari lulusan salah satu pesantren di Sarang Rembang yang terkenal dengan lembaga pondok pesantren yang kental akan kitab salafnya, Faktor penghambatnya adalah Waktu KBM yang kurang, siswa kebanyakan tidak sekolah diniyah di sore hari, rata-rata siswa belum mampu membaca kitab kuning dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kajian Kitab Kuning Fathul Qorib, Prestasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:20
Last Modified: 12 Aug 2020 07:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item