Analisis Manajemen Pembelajaran Tematik Kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Kudus, Tahun 2019

Mardliyyah, Munihatul (2019) Analisis Manajemen Pembelajaran Tematik Kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Kudus, Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (145kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (332kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di awal, ditemukan masalah bahwa guru mampu membuat perencanaan pembelajaran tetapi dalam pelaksanaannya belum optimal karena keterbatasan sarana dan prasarana ataupun sebaliknya. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan bentuk penilaian yang mencakup 3 aspek (kognitif, afektif dan psikomotorik) serta kesulitan dalam mengolah nilai karena sistemnya yang serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik kelas V (lima) di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu field research dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini ada dua. Pertama sumber primer meliputi guru kelas V, kepala madrasah, waka kurikulum dan peserta didik kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Kedua sumber sekunder diperoleh dari studi kepustakaan melalui jurnal dan buku. Pengumpulan data dengan cara observasi patisipasi pasif, wawancara berbasis semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi (sumber, teknik dan waktu), dan membercheck. Analisis data menggunakan 3 cara yaitu data reduction, display data dan conclusing drawing. Namun sebelum melangkah ke tiga cara tersebut terdapat pengumpulan data (collecting data). Manajemen pembelajaran tematik kelas V MI NU Tarsyidut Thullab meliputi: (1) perencanaan pembelajaran tematik diawali dengan penyusunan Kurikulum 2013, silabus dan RPP. (2) pelaksanaannya menggunakan pendekatan scientific (mengamati, menanya, mengeksplor, mengasosiasi dan mengkomunikasikan) serta melibatkan penggunaan metode, media dan inovasi-inovasi yang diciptakan oleh guru. (3) Pada tahap evaluasi guru menggunakan bentuk penilaian yang beragam dengan teknik penilaian ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Perolehan nilai tersebut diakumulasikan menjadi nilai rapor dan diolah menggunakan ARD (Aplikasi Rapor Digital). Adapun faktor pendukung meliputi (1) komunikasi yang baik antar guru dalam proses perencanaan pembelajaran (2) tersedianya sarana perpustakaan dengan jumlah buku yang memadai (3) guru terampil dalam mengajar (4) pemberian tugas disesuaikan dengan pengalaman nyata peserta didik (5) pemberian kisi-kisi sebelum pelaksanaan ulangan dan adanya program remidial setelah ulangan. Faktor penghambat dalam pembelajaran tematik meliputi (1) guru kesulitan dalam menentukan jaring tema serta mengalokasikan waktu pembelajaran (2) kesulitan dalam menyampaikan materi karena harus terkait dengan muatan pelajaran yang lain (3) kesulitan mengelola kelas karena jumlah peserta didiknya melebihi batas standar, (4) kesulitan dalam penggunaan metode (4) kesulitan mengolah nilai akhir (rapor) karena tidak dilakukan secara terpadu melainkan terpisah-pisah sesuai mata pelajaran masing-masing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:18
Last Modified: 13 Aug 2020 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3157

Actions (login required)

View Item View Item