IMPLEMENTASI PENDEKATAN ASSOCIATION THEORY DALAM MENINGKATKAN SENSE OF REASON SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

UMMAH, LATIFATUL (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN ASSOCIATION THEORY DALAM MENINGKATKAN SENSE OF REASON SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media. Maka dari itu pentingnya pendekatan association theory dalam meningkatkan sense of reason siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan association theory dalam meningkatkan sense of reason siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII A di MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pendekatan association theory dalam meningkatkan sense of reason siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII A di MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian di MTs N 2 Kudus. Data diperoleh dari kepala Madrasah, waka kurikulum, guru Akidah Akhlak dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi pendekatan association theory dalam meningkatkan sense of reason siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman siswa dalam belajar. Pada aspek kognitif, guru memberikan stimulus kemudian siswa merespon dengan baik, dimana siswa dapat memahami kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Pada aspek psikomotorik, guru memberikan stimulus, agar siswa memahami dan mampu mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Faktor penghambat dan pendukung pendekatan association theory dalam meningkatkan sense of reason siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, faktor pendukung terbagi menjadi dua yakni internal dan eksternal, faktor internalnya yaitu sikap dan mental guru dalam menunjang keberhasilan dalam pembelajaran Akidah Akhlak, sedangkan faktor eksternalnya yaitu media dan kelengkapan kepustakaan yang disediakan madrasah untuk siswa. Kemudian dalam faktor penghambatnya, dari internalnya yaitu kurang seriusnya siswa dalam memahami isi materi yang disampaikan oleh guru Akidah Akhlak. Sedangkan dari eksternalnya yaitu sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan dalam pembelajaran kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Association Theory; Sense Of Reason; Akidah Akhlak
Subjects: Agama
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:16
Last Modified: 04 Feb 2017 03:16
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item