Husna, Fatimatul (2019) Pengaruh Program Tahfidz Alquran terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadis di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Kudus: Fakultas Tarbiyah/Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (27MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan program tahfidz Alquran siswa di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020 (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Qur’an Hadis di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020 (3) untuk mengetahui pengaruh program tahfidz Alquran terhadap hasil belajar Qur’an Hadis di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 23 peserta didik dengan teknik sampling jenuh. Adapun lokasi penelitian di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus pada kelas VIII G. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Program tahfidz Alquran di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus termasuk dalam kategori baik, didapatkan dari angket program tahfidz Alquran sebesar 55 pada interval 55 – 59 (2) Hasil belajar Qur’an Hadis di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus termasuk dalam kategori baik, didapatkan dari nilai ulangan harian Qur’an Hadis sebesar 72 pada interval 72 – 82 (3) Program tahfidz Alquran berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Qur’an Hadis di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan F hitung sebesar 84,541 sedangkan F tabel sebesar 4,32. Jadi 84,541 > 4,32 berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara program tahfidz Alquran terhadap hasil belajar Qur’an Hadis. Pada koefisien determinasi sebesar 80,1% yang berarti bahwa hasil belajar Qur’an Hadis ditentukan oleh program tahfidz Alquran sebesar 80,1%. Perhitungan korelasi diperoleh sebesar 0,895, adapun dalam kategori untuk memberikan interpretasi koefisien korelasi termasuk dalam klasifikasi “korelasi sangat kuat” pada interval 0,80 – 1,000
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Tahfidz Alquran, Hasil Belajar, Qur’an Hadis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 01:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 01:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3168 |
Actions (login required)
View Item |