Maya, Sintia Aris (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Self Directed Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK_to.pdf Download (265kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI_to.pdf Download (277kB) |
|
Text
04. BAB I_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III_to.pdf Download (944kB) |
|
Text
07. BAB IV_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V_to.pdf Download (664kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (356kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan metode Self Directed Learning pada pembelajaran mata pelajaran Aqidah akhlak dan faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam penerapan metode pembelajaran Self Directed Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode pembelajaran Self Directed Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif pada kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus, pengumpulan data tersebut diperoleh dengan metode observasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran self directed learning, wawancara dengan kepala madrasah, guru aqidah akhlak serta peserta didik dan metode dokumentasi yang diperoleh yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data (meliputi kemandirian belajar, metode pembelajaran) penjajian data meliputi hal yang bersangkuutan dalam reduksi data kemandirian belajar, metode pembelajaran dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode pembelajaran self directed learning pada pembelajaran mata pelajaran Aqidah akhlak dengan tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, untuk pembelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik melalui kelompok diskusi yang memiliki tutor sebaya. 2) Faktor pendukung dan penghambat serta dalam penerapan metode pembelajaran self directed Learning yakni faktor internal dan eksternal yang berasal dari guru, peserta didik serta sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Directed Learning, Aqidah Akhlak, Kemandirian Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 07:12 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 07:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3180 |
Actions (login required)
View Item |