Implementasi Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran pada Santriwati Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus Tahun 2018/2019

Aminah, Siti (2019) Implementasi Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran pada Santriwati Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN_to.pdf

Download (921kB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (430kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (378kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (672kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (648kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (727B)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (852kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (727B)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (406kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Implementasi Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran pada Santriwati Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus Tahun 2018/2019 dibuat dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode wahdah dalam pembelajaran tahfidzul quran pada santriwati Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus Tahun 2018/2019. Para santri banyak yang belum mengetahui metode apa yang digunakannya, melalui wawancara ini mereka mengungkapkan cara mereka dalam menghafal setelah itu peneliti menyimpulkan. Dengan diketahuinya nama metode yang diterapkan dalam menghafal Alquran diharapkan santri lebih disiplin dalam menambah hafalan dan mengulang-ulang hafalannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lanpangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan menerapkan metode wahdah dalam menghafal Alquran di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus yaitu dengan perbaikan bacaan. Perbaikan bacaan ini maksudnya santri dibekali dengan bacaan yang sesuai dengan kaidah Yanbu’a. (2) penerapan metode wahdah sudah sesuai dengan tujuan yang hendak di capai oleh pihak pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus. (3) mayoritas santri menerapkan metode wahdah dalam meningkatkan hafalannya yaitu dengan persentasi 94% santri berhasil dalam menghafal Alquran menggunakan metode wahdah Para santri menerapkan metode ini karena mereka merasa cocok dengan cara yang digunakannya dan menghasilkan hafalan yang kuat pula. Dari hasil penelitian pula terbukti bahwa mayoritas santri yang menggunakan metode wahdah mampu menyelesaikan hafalannya dengan waktu yang relatif singkat dan standar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:15
Last Modified: 18 Aug 2020 07:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item