Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Tematik Integratif di MIN 4 Demak ” Skripsi, Kudus : Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah IAIN Kudus, 2019

Cahyani, Rina Dwi (2019) Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Tematik Integratif di MIN 4 Demak ” Skripsi, Kudus : Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah IAIN Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (739kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (830kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (866kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (925kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (514kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)

Abstract

lingkungan dalam pembelajaran tematik integrative di MIN 4 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Informan atau subjek penelitian kualitatif ini yakni Kepala Madrasah, Guru kelas IV dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi yang dilakukan oleh MIN 4 Demak merupakan sebuah sistem penanaman karakter peduli lingkungan di madrasah yang sistemis. Proses internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran tematik integrative di MIN 4 Demak dilakukan pihak sekolah dengan beberapa strategi, yakni : strategi internal melalui pembelajaran tematik integrative serta strategi eksternal dengan kegiatan-kgiatan serta program yang diantaranya kegiatan kesadaran lingkungan, kegiatan sabtu bersih, apel selasa pagi, program piket harian, pelatihan dokter kecil, pelatihan ecobric dan pelatihan lingkungan hidup. Karakter peduli lingkungan diinternalisasikan melalui tiga tahap yakni 1) tahap transformasi yakni tahap penyampaian informasi terhadap nilai karakter peduli lingkungan, 2) tahap transaksi yakni tahap interaksi timbal balik antara guru dengan peserta didik mengenai karakter peduli lingkungan, dan 3) tahap transinternalisasi merupakan tahap keteladanan dengan memberikan contoh yang baik terhadap peserta didik mengenai peduli lingkungan. Adapun faktor pendukung internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran tematik integrative adalah pendidik, kesadaran bersama akan pentingnya menjaga lingkungan, dan prestasi yang telah didapat oleh MIN 4 Demak sebagai sekolah adiwiyata nasional dan sekolah sehat. Sedangkan faktor penghambat dalam internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran tematik integrative adalah kurangnya penyerapan karakter oleh peserta didik, orangtua (bawaan dari rumah), dan kurangnya perhatian peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Karakter, Karakter Peduli Lingkungan, dan Tematik Integratif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:57
Last Modified: 24 Aug 2020 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item View Item