ANALISIS KEMAMPUAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN PROGRAM PENGAJARAN KURIKULUM 2013 SMP DI KABUPATEN KUDUS

Suryono, Suryono (2016) ANALISIS KEMAMPUAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN PROGRAM PENGAJARAN KURIKULUM 2013 SMP DI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (11MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (8MB)
[img] Text
3. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (11MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (10MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan guru PAIBP SMP dalam melaksanakan manajemen program pengajaran kurikulum 2013, (2) untuk mendeskripsikan problem-problem yang dihadapi oleh guru PAIBP SMP dalam melaksanakan manajeman program pengajaran kurikulum 2013, (3) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan guru PAIBP dalam Melaksanakan Manajemen Program Pengajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di lima SMP di Kabupaten Kudus yang menjadi pilot proyek implementasi kurikulum 2013 yaitu SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, SMP 3 Kudus. SMP Kaiwungu 1, dan SMP muhammadiyah 1 Kudustahun peljaran 2015/2016. Jenis penelitian fenomenologis dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk Kemampuan guru PAIBP dalam melaksaan manajemen program pengajaran . Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekola idang Urusan kurikulum, Bidang Sarana Prasarana dan Wakil Kepala Hubungan Masyarakat, guru mata pelajaran PAIBP, pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data menggunakan model analisis interaktif sugiyono. Hasil penelitian menyebutkan: (1) Kemampuan guru PAIBP dalam melaksanakan manajemen program pengajaran kurikulum, meliputi: (a) perencanaan pembelajaran yang didalamnya terdiri dari kegiatan penyusunan program tahunan, penyusunan program semester, penyusunan penghitungan rincian minggu efektif, penggunaan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM), pelaksanaan penilaian yang meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. (b) Melaksanakan Proses Pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (c) Melaksanakan Penilaian hasil belajar melalui beberapa tagihan diantaranya: ulangan harian yang dilakukan setelah selesainya satu KD, penilaian tengah semester, Penilaian keaktifan siswa yang dilakukan secara langsung dalam proses tanya jawab pada saat pembelajaran, observasi atas prilakuk siswa dalam pembelajaran, penilaian diri siswa yang dilakukan satu kali dalam satu semester, penilaian antar teman yang dilakukan satu kali dalam satu semester, dan penilaian tugas mandiri. (d) Pelaksanaan Pembimbingan Siswa yang dilakukan dalam rangka untuk penguatan kompetensi dan juga dalam rangka untuk memberikan pengalaman baru. (2) Problematika Guru PAI dan Budi Pekerti Dalam Melaksanakan Manajemen Program Pengajaran Kurikulum 2013yang meliputi: internal guru yang belum berinovasi, jam mengajar yang berlebihan, kesulitan dalam pemilihan model pembelajaran, media pembelajaran kurang beragam, guru kurang siap dalam menyiapkan model pembelajaran, belum ada penilaian proses belajar siswa, kesulitan dalam pengadministrasian pembelajaran dan penilaian, guru belum mampu memanfaatkan fasilitas yang ada, ketidaksesuian model dengan materi pembelajaran, fasilitas kurang mendukung, motivasi siswa kurang, kurangnya dukungan orang tua siswa, dukungan manajemen sekolah masih kurang, pengintegrasian mata pelajaran agama islam, kesulitan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, dan penilaian belum mengacu pada penilaian K13. (3). Upaya yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan Guru PAI dan Budi Pekerti Dalam Melaksanakan Manajemen Program Pengajaran Kurikulum 2013 SMP Di Kabupaten Kudus melalui kegiatan pelatihan, seminar, workshop implementasi kurikulum, Mengadakan kegiatan IHT (In House Training) untuk penyusunan program pembelajaran, dan penilaian, Melakukan kegiatan monitoring dan supervisi administrasi dan kegiatan pembelajaran, Memaksimalkan kegiatan MGMP serumpun ditingkat sekolah, Memotivasi guru PAIBP, dan Memberikan fasilitas sarana pembelajaran. Simpulan dan saran serta merujuk pada manfaat penelitian maka dukungan dari berbagai pihak agar kemampuan guru PAI dan Budi Pekerti dalam melaksnakan manajemen program pengajaran kurikulum 2013 SMP di Kabupaten Kudus dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru PAIBP dan Manajemen Kurikulum 2013
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:24
Last Modified: 04 Feb 2017 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item