Implementasi Kegiatan Parenting Dalam Pembentukan Karakter Siswa MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus

Masythur, Uly Khotijatul (2019) Implementasi Kegiatan Parenting Dalam Pembentukan Karakter Siswa MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (18MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB 1_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi kegiatan parenting di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus; mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan parenting di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus; dan menganalisis efektivitas hasil dari kegiatan parenting dalam membentuk karakter siswa MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus dengan subyek penelitian guru dan orang tua siswa kelas I sampai kelas VI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknikreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam rangka menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validitas trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Kegiatan tersebut yakni mengecek kebenaran data yang diperoleh dari sumber data lalu menggabungkan data yang diperoleh dengan sumber data yang sama. Hasil penelitian mengungkap suatu temuan yakni interaksi guru dan orang tua dalam pembentukan karakter siswa di MI NU Islamiyah Golantepus dilakukan dalam bentuk kegiatan home visit (kunjungan ke rumah), bimbingan dan konseling, fieldtrip, pemberian buku penghubung atau observasi, grup whattsapp, pertemuan di akhir semester, serta pemberian contoh dan pembiasaan; adapun kendala yang dihadapi dalam kegiatan parenting adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru, kurang adanya keaktifan orang tua dalam mengikuti kegiatan parenting, perbedaan latar belakang sosial orang tua, dan orang tua kurang terbuka mengenai permasalahan anak; dengan demikian hasil kegiatan parenting dalam membentuk karakter siswa dinilai efektif karena ada perubahan perilaku, sikap disiplin, tanggung jawab, kreatif, religius, dan pemahaman peserta didik kearah yang lebih baik sebagai implikasi dari pelaksanaan kegiatan parenting tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Parenting, Pembentukan Karakter, Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:13
Last Modified: 24 Aug 2020 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item