ANALISA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK MENURUT AHMAD YASIN ASYMUNI JARUNI TELAAH KITAB TARBIYATUL WALADI TERHADAP SOLUSI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

AFANDI, AFANDI (2016) ANALISA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK MENURUT AHMAD YASIN ASYMUNI JARUNI TELAAH KITAB TARBIYATUL WALADI TERHADAP SOLUSI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
file 1 cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
file 2 ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
file 3 daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 4 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 9 Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Problematika pendidikan anak adalah permasalahan yang terjadi ketika mendidik anak yang dilakukan oleh para pendidik, baik guru maupun orang tua. Problematika pendidikan anak yang dibahas dalam penelitian ini adalah penyimpangan anak dalam kitab tarbiyatul waladi. Kitab Tarbiyatul Waladi adalah kitab yang di dalamnya membahas tentang pendidikan anak sejak lahir sampai remaja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana problematika pendidikan anak menurut Ahmad Yasin Asymuni dalam Kitab Tarbiyatul Waladi, 2) bagaimana solusi pendidikan islam kontemporer. 3) analisa problematikan pendidikan anak menurut ahmad yasin asymuni jaruni dalam kitab tarbiyatul waladi terhadap solusi pendidikan islam kontemporer, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mengkaji serta menganalisis problematika pendidikan anak khususnya penyimpangan anak dalam kitab Tarbiyatul Waladi Pemikiran Ahmad Yasin Asymuni. Jenis penelitian ini adalah studi penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan hermeneutik. Data dikumpulkan melalui tehnik documenter, yaitu cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip-arsip, dan juga termasuk buku-buku tentang pendapat, teori, dalil, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian, dalam hal ini adalah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul yang diangkat peneliti. Hasil temuan menunjukkan bahwa pemikiran penyimpangan anak dalam Kitab Tarbiyatul Waladi yang di tulis oleh Ahmad Yasin Asymuni disebabkan oleh sebab kemiskinan, pertikaian orang tua, perceraian dan kemiskinan, teman dan lingkungan yang buruk, perlakuan buruk orang tua kepada anak, dan orang tua yang tidak mau mendidik. Rekomendasi dalam penelitian ini, hendaknya semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, baik guru, pendidik, orang tua dan masyarakat menciptakan lingkungan yang agamis, menanamkan nilai-nilai agama islam sejak dini kepada anak sebagai benteng yang mencegah anak melakukan pelanggaran atau tindakan menyimpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pendidikan Anak; Penyimpangan Anak; Kitab Tarbiyatul Waladi; Ahmad Yasin Asymuni
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:26
Last Modified: 04 Feb 2017 03:26
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item