Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Pesantren di SMP Pesantren Mamba’ul Ulum Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018

amalina, Ristifah (2019) Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Pesantren di SMP Pesantren Mamba’ul Ulum Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (642kB)
[img] Text
4 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 bab 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 bab 5.pdf

Download (587kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengeumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan Perpanjangan pengamatan, Meningkatkan ketekunan, Triangulasi, Menggunakan bahan referensi, Mengadakan Member Check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian Data dan Vertifikasi Data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Pesantren di SMP Pesantren Mamba’ul Ulum Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran PAI berbasis Pesantren di SMP Pesantren Mamba’ul Ulum Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dari Implementasi Pembelajaran PAI berbasis Pesantren di SMP Pesantren Mamba’ul Ulum Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018? Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran PAI Berbasis Pesantren di SMP Pesantren Mamba’ul Ulum adalah proses pembelajaran tidak hanya di sekolah saja tetapi bisa belajar juga di pondok pesantren, dikarenakan siswa diwajibkan untuk mondok. Dengan adanya sekolah berbasis pesantren ini, menjadikan siswa mempelajari ilmu agama lebih mendalam. Seperti di pondok pesantren dibiasakan untuk sholat jama’ah yang menjadikan siswa disiplin dalam melaksanakan ibadah sholat, berdo’a sebelum belajar, dan sikap tawadu’ siswa terhadap guru, serta program yang mendukung yang ada di pondok pesantren seperti program tahfidz, muhadloroh, mudarosah, ngaji kitab yang menjadikan siswa terbiasa dalam kehidupannya sehari-hari yang menjadikan siswa menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran PAI Berbasis Pesantren. Faktor pendukung, diantaranya yaitu Pertama, Kerjasama antara pihak yayasan, kepala sekolah, guru dan orang tua siswa, Kedua, Minat, Ketiga, Tambahan jam belajar diluar jam sekolah, Keempat. Lingkungan yang mendukung dan religius. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai, metode yang masih tradisional, jam sekolah formal yang berbeda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Pesantren.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2020 01:46
Last Modified: 25 Aug 2020 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item