Bimbingan Pengkaderan dan Kepemimpinan Hizbul Wathan (HW) dalam Pembentukan Sikap Kepemimpinan Siswa di MA Muhammadiyah Kudus

Madarina, Davina (2019) Bimbingan Pengkaderan dan Kepemimpinan Hizbul Wathan (HW) dalam Pembentukan Sikap Kepemimpinan Siswa di MA Muhammadiyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Arus besar sekularisme-materialisme yang telah melanda dunia menjadikan pendidikan tidak cukup memfokuskan pada intelektual semata melainkan juga perlunya memfokuskan pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter dapat dilakukan salah satunya melalui Kepanduan. Hizbul Wathan sebagai organisasi otonom Muhammadiyah di bidang Kepanduan memiliki tujuan untuk mendidik remaja menjadi warga masyarakat yang mandiri dan berakhlak mulia sehinggadapat menjadi kader-kader pemimpin dalam agama maupun bangsa. Keberadaan Hizbul Wathan dalam sekolah-sekolah Muhammadiyah berkontribusi dalam pembentukan sikap kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bentuk bimbingan pengkaderan dan kepemimpinan Hizbul Wathan (HW) dalam pembentukan sikap kepemimpinan siswa di MA Muhammadiyah Kudus, 2) Dampak bimbingan pengkaderan dan kepemimpinan Hizbul Wathan (HW) dalam pembentukan sikap kepemimpinan siswa di MA Muhammadiyah Kudus Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lingkungan tertentu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, mengadakan member check. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk bimbingan pengkaderan dan kepemimpinan Hizbul Wathan (HW) di MA Muhammadiyah Kudus terbagi menjadi tiga program; program mingguan, program bulanan dan program tahunan. Pada program mingguan terdapat Latihan Kepanduan, program bulanan terdapat Jungle Street dan upacara, dan pada program tahunan terdapat kemah, Diklat Taruna, QSC (Qobilah Scout Challenge), LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), dan LPB (Lomba Pandu Beraksi). Dampak Bimbingan pengkaderan dan kepemimpinan Hizbul Wathan (HW) di MA Muhammadiyah Kudus dapat membentuk sifat-sifat kepemimpinan pada siswa seperti kuat akidah, cerdas, adil, jujur, tegas, dan bijaksana, bertanggung jawab, percaya diri, memiliki daya ingat yang kuat, cekatan, penuh semangat, berani, mampu menanamkan rasa kebersamaan, serta terbuka dalam menerima ide. Dengan demikian, tujuan Hizbul Wathan yang menjadikan siswa menjadi warga masyarakat yang mandiri dan berakhlak mulia dan menjadi kaderkader pemimpin dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepanduan, Hizbul Wathan, Bimbingan Pengkaderan dan Kepemimpinan, Sikap Kepemimpinan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:54
Last Modified: 26 Aug 2020 06:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item