AHMADUN, AHMADUN (2019) Implementasi Manajemen Kelas Melalui Teknik Friendship Grouping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (797kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (891kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (596kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
Abstract
Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah untuk menunjukkan apakah pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran Implementasi Manajemen Kelas Melalui Teknik Friendship Grouping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun 2018/2019; 2) Untuk mengetahui efektifitas Implementasi Manajemen Kelas Melalui Teknik Friendship Grouping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun 2018/2019; 3) Bagaimana dampak penenaganan Implementasi Manajemen Kelas Melalui Teknik Friendship Grouping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun 2018/2019. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: 1) Proses Manajemen kelas, guru sudah mengatur kelas sebaik mungkin agar berjalan dengan nyaman, kondusif, efektif dan efisien. Pelaksanaan dalam proses pembelajaran di kelas guru sudah menerapkan teknik Friendship Grouping yaitu proses pembelajaran berpusat kepada peserta didik sehingga dapat meningkatkan keaaktifan belajar siswa; 2) Adanya manajemen atau pengaturan kelas akan dapat berpengaruh terhadap kondusifitas pada proses pembelajaran pada siswa dan dengan menerapkan teknik Friendship Grouping akan efektif dalam pembelajaran sehingga mampu menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa; 3) Dampak penanganan manajemen kelas dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran siswa dengan menjadikan siswa bisa nyaman, tenang dan kondusif sehingga dapat mengembangkan kemampuannya dalam proses pembelajaran serta dengan menerapkan teknik Friendship Grouping dapat menjadikan siswa dalam berdiskusi, lebih percaya diri dan semangat dalam belajarnya sehingga meningkatkan keaktifan dalam belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, manajemen kelas, teknik friendship grouping, keaktifan belajar siswa, fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:44 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3229 |
Actions (login required)
View Item |