“Strategi Pembinaan Akhlak Peserta didik Pada MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun ajaran 2018/2019”. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Kudus 2019

Trihatiningsih, Mayfara (2019) “Strategi Pembinaan Akhlak Peserta didik Pada MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun ajaran 2018/2019”. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Kudus 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan Strategi Pembinaan Akhlak, 2) Mengetahui faktor-faktor pendukung maupun penghambat kegiatan yang berkaitan dengan Strategi Pembinaan Akhlak Peserta didik pada MA NU Wahid Hasyim Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif melalui riset di lapangan yaitu MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru BK dan siswa siswi MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Instrument atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, triangulasi dan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Hal itu sungguh penting dilakukan mengingat semakin banyaknya kemrosotan moral yang melanda akibat pengaruh negative Dari era globalisasi serta kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran pendidikan di sekolah menjadi kunci kedua dalam pendidikan. Pentingnya pembinaan akhlakul karimah yang diberikan kepada siswa supaya mereka tidak terpengaruh sehingga mampu menjadi generasi muslim muslimah yang tidak hanya unggul dalam prestasi namun nuga berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memahami strategi pembinaan akhlak siswa yang di terapkan di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus, (2) memahami kendala-kendala dalam pembinaan akhlak siswa di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus, (3) memahami usaha yang dilakukan dalam menanggulangi kendala-kendala penerapan strategi pembinaan akhlak siswa di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi pembinaan akhlak siswa yang diterapkan di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus denga a. keteladanan dalam berpakaian dan menerapkan 5S (senyum, salim, sapa, sopan dan santun, b. pembiasaan melalui salat zuhur berjama’ah, salat sunnah dhuha, kebersihan dan infaq, c. nasihat melalui pembelajaran di kelas, d. latihan melalui membaca juz ‘amma dan menghafal juz ‘amma tiap pagi dan e. hukuman, (2) kendala-kendala dalam pembinaan akhla siswa di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus dengan a. factor guru yaitu kurangnya menerapkan 5S (senyum, salim, sapa, sopan dan santun), b. factor dari siswa yaitu kurangnya kesadaran, c. factor lingkungan pergaulan dan d. factor orang tua yang kurangnya dukungan dan perhatian, (3) usaha yang dilakukan dalam menanggulangi kendalakendala penerapan strategi pembinaan akhlak siswa di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:38
Last Modified: 27 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item