“Praktik Materi Ilmu Fiqih Bab Sholat Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Santri di Pondok Pesantren Darur Rohman Krandon Kudus” Fakultas : Tarbiyah, Prodi : Pendidikan Agama Islam, IAIN Kudus

Mubin, Muhammad Nurul (2019) “Praktik Materi Ilmu Fiqih Bab Sholat Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Santri di Pondok Pesantren Darur Rohman Krandon Kudus” Fakultas : Tarbiyah, Prodi : Pendidikan Agama Islam, IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah Menemukan khazanah teori baru dalam keilmuan Tarbiyah progam studi Pendidikan Agama Islam 1)Untuk menjelaskan bagaimana Praktik Ilmu Fiqih Santri PonPes Darul Rachman Krandon Kudus 2) Untuk menjelaskan bagaimana Praktik Ilmu Fiqih Bab Shalat Meningkatkan Keberagamaan Santri PonPes Darul Rachman Krandon Kudus 3) Untuk mengungkap Faktor yang mendukung dan menghambat Praktik Ilmu Fiqih Bab Sholat Dalam Upaya Meningkatkan Sikap Keberagamaan Santri Pon-Pes Darul Rachman Krandon Kudus Pendekatan penelitian adalah file research dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari (Pengasuh pondok, Ustadz pengampu Fiqih, dan Santri di Pondok Pesantren Darul Rachman Krandon Kudus terkait dengan penelitian tersebut. Adapun hasil penelitiannya adalah 1). Praktik ilmu fiqih bab shalat dipondok mengenepankan aspek psikomotor yaitu Pertama, Pratik shalat dalam arti melaksankan shalat dalam kehidupan sehari-hari. Membiasakan melakukan kewajiban sebagai mana oranng islam melaksanakan shalat lima waktu serta jama’ah. Kegiatan ini diawasi langsung oleh pengurus dan kiai terkait. Bahkan menjadikan sebah tatatertib dalam pondok wajib shalat dan berjama’ah. dibagi menjadi dua. Kedua, aspek kognitif dan afektif sebagai penujang Praktik shalat dalam bentuk pembelajaran terhadap santri baru. Berupa pembelajaran terhadap santri baru bagaimana cara shalat di kaji dengan teori yang terdapat pada kitabkitab salaf. Lalu mempraktikannya dengan maju satu persatu dinilai oleh ustadz yang mangampu. 2). Menigkatkannya keberagamaan santri. Indikasi terjadi peningkatannya yaitu dalam aspek ritual Mulai dari peningkatan dalam hal mulai rajin melakukan ibada shalat, santri baru dengan tambah rajin dan tahu bagaimana shalat dengan baik terlebih sekarang rajin shalat berjama’ah. Sedangkan santri lama terjadi peningkatan kuantitas shalat bukan hanya fardhu tapi juga ditambah dengan shalat sunnah seperti qobliya, ba’diyah, tahajud dll. dan meningkatnya keberagamaan aspek sosial sikap baik atau ahklakul karimah dilihat dengan perbandingan antara santri yang jarang shalat dan yang rajin shalat dengan perbandingan sering melanggar peraturan pondok dan tidaknya. 3). Faktor pendukung Kesadaran santri yang tinggi dalam melakukan kebutuhan shalat. Respon yang baik dan antusiasme santri dalam melakukan pembelajaran ilmu fiqih dan praktik shalat. Penghambatnya yaitu Kesadaran yang rendah santri dalam melaksanakn shalat serta santri yang mempunyai latar belakang dirumah yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktik Materi Fiqih Bab Shalat, Keberagamaan Santri
Subjects: Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:41
Last Modified: 27 Aug 2020 07:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item