Pengaruh Penerapan Metode Hafalan Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Muslim, Muhammad (2019) Pengaruh Penerapan Metode Hafalan Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (464kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (940kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penerapan metode hafalan terhadap motivasi belajar dan karakter siswa kelas XI di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode hafalan siswa (2) motivasi belajar siswa (3) karakter siswa (4) pengaruh penerapan metode belajar terhadap motivasi belajar (5) pengaruh penerapan metode hafalan terhadap dan karakter peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yaitu melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangkan responden yang berada di tempat. Subyek penelitian sebanyak 88 peserta didik yang terbagi menjadi 4 kelas. Sumber data primer yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum, dan peserta didik. Sumber data sekunder yaitu: dokumen dan arsip sekolah. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Pengujian penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode hafalan peserta didik termasuk dalam kategori cukup baik, hal ini berdasarkan pada nilai rata-rata sebesar 21,56 yang mana nilai tersebut termasuk pada rentang interval (21-25,5) berkategori baik. (2) Motivasi peserta didik termasuk dalam kategori tinggi, hal ini berdasarkan pada nilai rata-rata sebesar 23,9 yang mana nilai tersebut termasuk pada rentang interval (22 – 27) berkategori tinggi. (3) karakter peserta didik termasuk dalam kategori cukup baik, hal ini berdasarkan pada nilai rata-rata sebesar 24,01 yang mana nilai tersebut termasuk pada rentang interval (23 – 29) berkategori baik. (4) Metode hafalan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Nahwu di MA Sabilul dengan model Ŷ1=6,090+0,827X, ditunjukkan pada uji F dari perhitungan nilai Fhitung 113,03. adapun nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,1. Sedangkan nilaiFtabel pada taraf signifikansi 1% adalah 4,88. (5) Metode hafalan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran Nahwu di MA Sabilul Ulum dengan model Ŷ2=3,776+0,938X, ditunjukkan pada uji F dari perhitungan nilai Fhitung 94,58. adapun nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,1. Sedangkan nilaiFtabel pada taraf signifikansi 1% adalah 4,88.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Hafalan, Motivasi Belajar, dan Karakter.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 01:58
Last Modified: 01 Sep 2020 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item