Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Kudus: Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, 2019

Ramadhani, Ayu Dwi Cahya (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Kudus: Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (781kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (949kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV MI NU Banat Kudus tahun 2018/2019. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI NU Banat Kudus tahun 2018/2019. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI NU Banat Kudus Tahun 2018/2019. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket pada siswa kelas IV di MI NU Banat Kudus.Populasi terdiri atas semua kelas IV kemudian diambil sampel sebanyak 70 siswa. Dengan menggunakan teknik simple random sampling Metode analisis regresi ganda dengan bantuan program olah data SPSS versi 24.0 for windows. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan Ŷ = 70,265 + 0,209 X1, dan mempunyai hubungan antara keduanya adalah positif dan cukup signifikan yaitu sebesar 0,367. Jadi, model pembelajaran Problem Based Learning memberikan kontribusi sebesar 13,5%. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan persamaan Ŷ = 70,789 + 0,195 X2, dan hubungan antara keduannya adalah positif dan signifikan yaitu sebesar 0,323. Jadi, motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 10,4%. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan persamaan Ŷ = 64,084 + 0,165 X1 + 0,134 X2, sedangkan hubungan model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV secara simultan memiliki hubungan positif dan signifikan yaitu sebedar 0,422. Berdasarkan hasil koefisien determinasi peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV secara simultan memberikan kontribusi sebesar 17,8%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:13
Last Modified: 01 Sep 2020 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item View Item