“Pengaruh Penguasaan Nahwu Dan Shorof Terhadap Percepatan Pemahaman Materi Bahasa Arab Kelas X Di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Tahun Pelajaran 2019/2020

Baliyya, Nahwa Indah (2019) “Pengaruh Penguasaan Nahwu Dan Shorof Terhadap Percepatan Pemahaman Materi Bahasa Arab Kelas X Di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (946kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Skripsi Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Kudus 2019. Tujuan dari penelitian ini (a) Untuk mengetahui adanya pengaruh penguasaan nahwu terhadap percepatan pemahaman materi bahasa arab (b) Untuk mengetahui adanya pengaruh penguasaan shorof terhadap percepatan pemahaman materi bahasa arab (c) Untuk mengetahui adanya pengaruh penguasaan nahwu dan shorof terhadap percepatan pemahaman materi bahasa arab. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autenthic secara obyek/studi lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang di gunakan penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda. Penulis melakukan studi lapangan di MA Keterampilan al Irsyad Gajah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang yang mewakili populasi. Teknik sampling yang di gunakan simple random sampling. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi sebesar, 0,299 dengan nilai t hitung sebesar 2.506 dan t tabel sebesar 1660.(2.506>1.660) dan tingkat signifikansi t sebesar 0,001<0,05 maka hipotesa bahwa penguasaan nahwu berpengaruh terhadap percepatan pemahaman materi bahasa arab dapat di terima. (2) berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi sebesar 0,240 dengan nilai t hitung sebesar 2.044 dan t tabel sebesar 1.660. (2.044>1.660) dan tingkat signifikansi t sebesar 0,003<0,05, maka hipotesa bahwa penguasaan shorof berpengaruh terhadap percepatan pemahaman materi bahasa arab dapat di terima. (3) berdasarkan perhitungan uji simultan (uji F) di peroleh nilai koefisien F sebesar 5.126 pada taraf signifikansi 0,008, berdasarkan perhitungan tersebut, maka hipotesis ketiga yang berbunyi bahwa penguasaan nahwu dan shorof berpengaruh terhadap percepatan pemahaman materi bahasa arab dapat di terima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nahwu, Shorof, Materi Bahasa Arab
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:25
Last Modified: 01 Sep 2020 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item View Item