Zamroni, M (2016) STUDI KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DAN IKLIM MADRASAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
01 Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 Abstrak.pdf Download (640kB) |
|
Text
03 Daftar Isi.pdf Download (388kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (461kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (749kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (536kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (807kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (427kB) |
|
Text
09 Daftar pustaka.pdf Download (402kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui korelasi antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa (2) Mengetahui korelasi antara iklim madrasah dengan prestasi belajar siswa (3) Mengetahui korelasi antara gaya belajar dan iklim madrasah dengan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa siswi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati yang berjumlah 814. Dengan menggunakan rumus solvin dan teknik proporsional random sampling jumlah sampel sebanyak 174 responden. Pengumpulan data utama menggunakan angket dan di analisis menggunakan regresi dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada korelasi antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,432, nilai koefisien regresi sebesar 0,541, ρ value 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinan (R2)= 0,187 yang berarti memberikan sumbangan efektif sebesar 18,7%. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dengan besar korelasi 0,541, artinya hipotesis pertama yang peneliti ajukan terbukti atau dapat diterima. Semakin tinggi gaya belajar siswa semakin tinggi prestasi belajar siswa (2) Ada korelasi antara iklim madrasah dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,424, koefisien regresi sebesar 0,462, ρ value 0,000 < 0,05, dan nilai koefisien determinan (R2)= 0,179 yang berarti memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 17,9%. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua yang menyatakan ada korelasi antara iklim madrasah terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dengan besar korelasi 0,462 adalah terbukti atau diterima. Semakin tinggi iklim madrasah semakin tinggi prestasi belajar siswa (3) Ada korelasi antara gaya belajar dan iklim madrasah dengan prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien regresi gaya belajar sebesar 0,328, koefisien regresi iklim madrasah sebesar 0,251, ρ value 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinan (R2)= 0,210 yang berarti memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 21% secara bersama-sama. Sehingga ada korelasi antara gaya belajar dan iklim madrasah secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa dengan besar korelasi 0,328 dan 0,251. Semakin tinggi gaya belajar dan iklim madrasah semakin tinggi prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar; Iklim Madrasah; dan Prestasi Belajar; |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 03:34 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 03:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/325 |
Actions (login required)
View Item |