Husna, Sifaul (2019) Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (323kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (109kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui bagaimana peran permainan edukatif dalam perkembangan nilai agama dan moral anak di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap instansi terkait di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan permainan edukatif dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus” dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran nilai agama dan moral di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus, meliputi: 1) Permainan edukatif dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat Nu Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus sebagai berikut: 1. Permainan Puzzle untuk mengajarkan kepada anak pembiasaan anak mempunyai sifat hormat, menghormati guru dan teman, menghargai hak orang lain/adil, mengajarkan keberanian untuk bermain bersama teman dan mengetahui nama yang yang ada di puzzle tersebut. 2. Permainan Balok untuk mengajarkan kepada anak pembiasaan anak mempunyai sifat hormat, menghormati guru dan teman, menghargai hak orang lain/adil, mengajarkan keberanian untuk bermain bersama teman dan mengetahui tulisan yang ada di dalam balok tersebut. 3. Permainan acak kata untuk mengetahui tentang rukun islam, rukun iman, nama-nama Nabi, namanama malaikat, sholat 5 waktu, rekaat sholat 5 waktu dll. 4. Permainan menyanyi untuk mengetahui tentang rukun islam, rukun iman, nama-nama Nabi, nama-nama malaikat, sholat 5 waktu, rekaat sholat 5 waktu dengan menyanyikan lagu-lagu islami. 5. Pembiasaan membaca Kitab Yambu’a dengan iming-iming rewerd pujian dari guru untuk mengembangkan pembiasaan kedisiplinan kepada anak mengaji pada waktunya. 6. Pembiasaan sholat berjama’ah dengan iming-iming rewerd pujian dari guru untuk mengembangkan pembiasaan kedisiplinan kepada anak sholat pada waktunya. 2) penggunaan permainan edukatif yang sangat menonjol dalam perkembangan nilai agama dan moral anak, yaitu : sifat hormat, kedisiplinan, adil, dan keberanian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukatif, Nilai Agama dan Moral. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 02:53 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 02:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3250 |
Actions (login required)
View Item |