Pengaruh Kemampuan Membaca Ayat Alquran Dan Kemampuan Menghafal Ayat Alquran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus

Triningrum, Winda (2019) Pengaruh Kemampuan Membaca Ayat Alquran Dan Kemampuan Menghafal Ayat Alquran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (727kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (653kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (863kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (801kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (664kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca ayat Alquran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis, dan pengaruh kemampuan menghafal ayat Alquran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis, dan pengaruh kemampuan membaca ayat Alquran dan kemampuan menghafal ayat Alquran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII A MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data variabel kemampuan membaca ayat Alquran dan kemampuan menghafal ayat Alquran yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Uji validitas instrument menggunakan regresi linear sederhana dan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas data, uji linieritas data, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana 1 prediktor. Sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan membaca ayat Alquran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Hal ini ditunjukkan dengan rhitung 0,606 dan r2 sebesar 0,367 atau 36,7%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan menghafal ayat Alquran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Hal ini ditunjukkan dengan rhitung 0,631 dan r2 sebesar 0,398 atau 39,8%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kemampuan membaca ayat Alquran dan kemampuan menghafal ayat Alquran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar R 0,718 dan berada pada batasan interpretasi (0,60 - 0,799) yang berarti “Kuat” dan R 2 sebesar 0,516 atau 51,6% sedangkan 48,4% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Ayat Alquran, Kemampuan Menghafal Ayat Alquran, Hasil Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:25
Last Modified: 01 Sep 2020 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item