Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Life Skill Perawatan Jenazah Pada Siswa Kelas 2 di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2018/2019

Chulaela, Izza Zulfa (2019) Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Life Skill Perawatan Jenazah Pada Siswa Kelas 2 di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (632kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (650kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (726kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (748kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kurikulum PAI berbasis audio visual di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati. 2) Peningkatan life skill perawatan jenazah pada siswa kelas 2 di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati. 3) Pengembangan kurikulum PAI berbasis media audio visual dalam meningkatkan life skill perawatan jenazah pada siswa kelas 2 di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan berdasarkan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu merangkum data hasil penelitian dilanjutkan dengan menyajikan data secara sistematis dan diverifikasi untuk memperdalam agar dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI berbasis media audio visual dalam meningkatkan life skill perawatan jenazah pada siswa kelas 2 di SMK Kesuma Margoyoso Pati dikategorikan efektif dan signifikan, tercermin dari munculnya kesadaran peserta didik akan pelajaran agama, terutama pada materi perawatan jenazah, sehingga mereka dapat mengaplikasikan materi tersebut. Selain itu juga dapat meningkatkan life skill peserta didik. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya nilai rata-rata pelajaran PAI dengan nilai 83, yang mana nilai tersebut di atas nilai KKM dengan nilai 75. Selain itu juga bisa dilihat dari perubahan sikap peserta didik, dari rangkaian proses pembuatan film dapat meningkatkan skill peserta didik, yaitu mulai dari kerjasama, kreatifitas, dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum PAI, Media Audio Visual, Life Skill Perawatan Jenazah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:39
Last Modified: 11 Sep 2020 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item