Implementasi Metode Meaningful Instructional Design Dalam Meningkatkan Psikomotorik Peserta Didik Pada Materi Shalat Kelas IV Di MI Al-Hidayah Puri Pati Tahun Pelajaran 2018/2019

Sholikah, Nur Aini (2019) Implementasi Metode Meaningful Instructional Design Dalam Meningkatkan Psikomotorik Peserta Didik Pada Materi Shalat Kelas IV Di MI Al-Hidayah Puri Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (720kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (552kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (682kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi metode meaningful instructional design dalam meningkatkan psikomotorik, (2) Untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode meaningful instructional design dalam meningkatkan psikomotorik, (3) Untuk mengetahui solusi dari kendala implementasi metode meaningful instructional design dalam meningkatkan psikomotorik. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di MI Al-Hidayah Puri Pati pada kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode meaningful instructional design, wawancara pada guru fiqih, kepala madrasah, teman sejawat guru fiqih serta peserta didik kelas IV dan dokumentasi yang diperoleh dari rencana pembelajaran, proses pembelajaran fiqih dengan metode meaningful instructional design. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan metode meaningful instructional design dalam meningkatkan psikomotorik yakni pembelajaran mengutamakan pengalaman yang dimiliki peserta didik, kemudian peserta didik mengaitkan pengalamannya dengan materi yang sedang dipelajari. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode meaningful instructional design untuk meningkatkan psikomotorik yaitu dilihat dari faktor pendukung mulai dari media yang disesuaikan dengan metode, buku tambahan lain misal dari internet, dan program kegiatan pembiasaan shalat dzuhur berjama’ah dan mengaji yanbu’a di masing-masing kelas. Adapun faktor penghambat dalam penggunaan metode tersebut yaitu: peserta didik yang berbedabeda karakteristik intelegensinya akan tertinggal dengan temannya. (3) Solusi dari kendala implementasi metode meaningful instructional design dalam meningkatkan psikomotorik yakni memberikan apresiasi dan motivasi, pengulangan informasi, memberikan suasana aman, memberi kesempatan untuk berfikir aktif, memberi penghargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Meaningful Instructional Design, Aspek Psikomotorik, Materi Shalat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:21
Last Modified: 16 Sep 2020 04:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item