Pengaruh Shalat Yang Benar Terhadap Kemampuan Afektif Siswa di MI NU Tarbiyatus Shibyan Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus

SHOLIHAH, FITRIANA (2019) Pengaruh Shalat Yang Benar Terhadap Kemampuan Afektif Siswa di MI NU Tarbiyatus Shibyan Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (504kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (845kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (753kB)
[img] Text
8. BABV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada atau tidaknya pengaruh shalat yang terhadap kemampuan afektif siswa. (2) Seberapa besar angka yang didapat dari pengaruh shalat yang benar terhadap kemampuan afektif siswa. (3) Signifikan atau tidaknya pengaruh shalat yang benar terhadap kemampuan afektif siswa. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research dengan melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden yang berada di tempat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data terkait shalat yang benar terhadap kemampuan afektif siswa di MI NU Tarbiyatus Shibyan Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas III-VI sejumlah 158 kemudian diambil sampel sebesar 40, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data di lapangan terkait dengan objek penelitian ini adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti yaitu menggunakan analisis statistic untuk uji hipotesis asosiatif menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) shalat yang benar dalam kategori baik yaitu sebesar 55 pada rentang interval 55 – 61. (2) kemampuan afektif siswa dalam kategori baik yaitu sebesar 56 pada rentang interval 52 – 58. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dengan model persamaan regresi Y = 15,728 + 0,730 X. Sedangkan dari hasil perhitungan korelasi Product Moment diperoleh 0,676 yang termasuk dalam kategori hubungan yang kuat antara vi shalat yang benar dan kemampuan afektif siswa, serta diperoleh hasil dari koefisien determinasi bahwa variabel X (Shalat yang Benar) dapat memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan variabel Y (Kemampuan Afektif Siswa) sebesar 45,7%. Dan untuk uji signifikansi menggunakan t hitung diperoleh t hitung sebesar 5,656 dengan signifikansi 5%. Melihat t hitung ini lebih besar dari t tabel (5,656 > 1,686) dan nilai sig yang kurang dari (0,000 < 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh positif yang signifikan antara shalat yang benar terhadap kemampuan afektif siswa di MI NU Tarbiyatus Shibyan Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shalat yang Benar, Kemampuan Afektif
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:05
Last Modified: 23 Sep 2020 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item