Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Tehadap Kemampuan Kognitif Siswa (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus) Tahun Pelajaran 2019/2020

Pranata, Dian Syah (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Tehadap Kemampuan Kognitif Siswa (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus) Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (526kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, perbedaan penggunaan metode pembelajaran Scramble dan penggunaan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Nahdlatul Athfal Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Kedua, nilai poin perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran scramble dan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research berupa true experiment design dan desain postest only control group design. Pendekatan yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatan kuantitatif (angka-angka) dengan menggunakan tes yang disebarkan kepada peserta didik sebagai bentuk Post-test. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 17 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 17 siswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas VII A prses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Scramble sebesar 80.95 dengan persentase sebesar 47.1% dan nilai minimal dalam penggunaan metode pembelajaran Scramble sebesar 68 serta nilai maksimal sebesar 92. Sedangkan nilai rata-rata siswa di kelas VII B proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah sebesar 72.71 dengan persentase sebesar 35.3% dan nilai minimal sebesar 64 serta nilai maksimal sebesar 80. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,132 > ttabel 3,4792 dan Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05 (taraf signifikansi), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Scramble dan penggunaan metode konvensional pada mata pelajaran Fiqih materi shalat lima waktu dan sujud sahwi kelas VII di MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian berikutnya menunjukkan Nilai perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran Scramble dan konvensional terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus sebesar 8.23. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (menggunakan metode scramble) sebesar 80.94 dikurangi nilai rata-rata kelas kontrol (menggunakan metode konvensional) sebesar 72.7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Scramble, Kemampuan Kognitif Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2020 12:26
Last Modified: 25 Sep 2020 12:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item