Implementasi Nilai-nilai Karakter menurut QS. Al-Hujurat pada Siswa MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Maulana, Nurul (2019) Implementasi Nilai-nilai Karakter menurut QS. Al-Hujurat pada Siswa MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (612kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (543kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (849kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (845kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (813kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi implementasi, yang mencoba menerapkan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 1-10 yaitu religius, sopan santun, tabayyun, dan cinta damai pada siswa-siswi di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yang memiliki misi utama yaitu menyiapkan kader bangsa yang berilmu, terampil, dan berakhlakul karimah dengan berlandaskan akidah ahlussunah waljama’ah, tentunya sangat mengedepankan pembinaan karakter terhadap anak didiknya, terutama karakter yang islami. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field search atau penelitian lapangan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru PAI, satpam, dan siswa-siswi. Analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai karakter menurut QS Al-Hujurat ayat 1-10 yakni religius, sopan santun, tabayyun, dan cinta damai pada siswa MTs NU Miftahul Falah Kudus pembentukannya melalui beberapa metode seperti pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, nasehat, hukuman, dan lain-lain. 2) Adapun keberhasilan implementasi nilai-nilai karakter menurut QS. Al-Hujurat ayat 1-10 pada siswa ditandai dengan siswa memiliki keempat karakter yang ada di dalamnya, yaitu religius, sopan santun, tabayyun, dan cinta damai. Keberhasilan dari pendidikan dan pembinaan nilai-nilai karakter bisa dilihat dari sebagian besar siswa-siswi di MTs NU Miftahul Falah telah menunjukkan perilaku yang sesuai indikator-indikator keempat karakter tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Nilai-nilai Karakter, Al-Hujurat, Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2020 11:15
Last Modified: 30 Sep 2020 11:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item