Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di Mts. NU Nururssalam Gebog Kudus Tahun 2018/2019

Hikmah, Nadia Durrotul (2019) Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di Mts. NU Nururssalam Gebog Kudus Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 DAFTAR ISI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4 BAB I (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB III yes.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV yes.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB V yes.pdf

Download (453kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi Lightening The Learning Climate pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Mts Nu Nurussalam Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Nurusssalam Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi Lightening The Learning Climate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Nurusssalam Gebog Kudus tahun pelajaran 2108/2019. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Peneliti memperoleh data dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pretest merupakan tes kemampuan yang diberikan kepada siswa sebelum diberi perlakuan, sedangkan post test dilakukan setelah siswa mendapatkan perlakuan. Kedua tes ini berfungsi untuk mengukur sampai mana keefektifan program pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum treatmen memiiki nilai rata-rata (mean) 62 dan setelah treatmen memiliki nilai rata-rata (mean) 84. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan strategi Lightening The Learning Climate tergolong baik karena termasuk dalam interval kategori tinggi 80-89. (2) Hasil belajar pada kelas kontrol sebelum treatmen memiliki nilai rata-rata (mean) 59 dan setelah treatmen memiliki nilai rata-rata (mean) 62. Dari dapat tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan strategi konvensional tergolong kurang karena termasuk dalam interval <70. (3) Ada pengaruh dari strategi Lightening The Learning Climate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Mts Nu Nurussalam Kudus dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran siswa pada kelas eskperimen setelah treatmen diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lightening The Learning Climate, Hasil Belajar dan Aqidah Akhlak.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2020 11:55
Last Modified: 30 Sep 2020 11:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item