Strategi Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Kemandirian Santri ( Studi Kasus Pondok Pesantren Maslakul Qur’an di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati )

Novitasari, Serli (2019) Strategi Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Kemandirian Santri ( Studi Kasus Pondok Pesantren Maslakul Qur’an di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati ). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Strategi Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Kemandirian Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Maslakul Qur’an di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati) dibuat dengan tujuan untuk melahirkan individu-individu yang berkarakter tangguh, bermoral, mandiri, unggul dalam akhlak, dan bertanggung jawab. Pendidikan tersebut merupakan hasil perpaduan aktualisasi potensi dan internalisasi nilai-nilai akhlak dan moral individu yang kemudian melandasi pemikiran, sikap, perilaku dan kemandirian santri di pesantren. Penyelenggaraan pendidikan pesantren bersifat unik dan beda antara yang satu dengan yang lain, inilah yang menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lanpangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di Pondok Pesantren Maslakul Qur’an Sirahan Cluwak Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) startegi pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Maslakul Qur’an Sirahan Cluwak Pati yaitu dengan menggunakan sistem sorogan, setor Alfiyyah dan Faroid, dan pen skoran untuk semua kegiatan yang berlaku untuk seluruh santri Pondok Pesantren Maslakul Qur’an. (2) kemandirian santri ditunjukan dengan tanggung jawab atas dirinya sendiri, dengan cara menaati peraturan, selalu melakukan tugas-tugasnya, santri disiplin dan tepat waktu. Kemandirian santri juga dapat ditunjukan dengan adanya progam yang diterapkan dalam Pondok Pesantren yaitu Latihan khitobah, Tadarus Al-quran, Shalat berjama’ah, Sorogan, Pengajian Kitab, Latihan Rebana. (3) penerapan strategi pendidikan pesantren dalam memebentuk kemandirian santri telah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan Pondok Pesantren Maslakul Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan pesantren, kemandirian santri.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Dec 2020 09:05
Last Modified: 11 Dec 2020 09:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item