Sartika, Eka Ayu (2019) Pengaruh Ekstrakurikuler Jarimatika Terhadap Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (164kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (305kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (457kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
Abstract
Ekstrakurikuler Jarimatika adalah suatu pengenalan angka melalui jari-jari yang menyenangkan bagi anak, tidak hanya itu anak juga belajar sambil bernyanyi dan juga menggambar anak berantusias untuk mengikuti pembelajaran karena hal tersebut tidak akan membebani anak karena anak belajar sambil bernyanyi dan juga meggambar yang akan membuat kecerdasan kognitif anak tersebut dapat berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan Ekstrakurikuler Jarimatika di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus. (2) untuk mengetahui Kecerdasan Kognitif anak usia dini di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus. (3) untuk mengetahui pengaruh Ekstrakurikuler Jarimatika terhadap Kecerdasan Kognitif anak di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi. Di sini peneliti mengambil lokasi di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji deskriptif asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya adalah: (1) di ketahui penerapan ekstrakurikuler Jarimatika di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata atau hipotesis sebesar 71 yang termasuk rentang interval 59-72 dengan rincian 15 anak memperoleh sangat tinggi, 8 anak memperoleh tinggi, 10 anak memperoleh sedang, dan 7 anak memperoleh rendah. (2) kecerdasan kognitif anak RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata atau hipotesis 65 yang termasuk rentang interval 54-66 dengan rincian 20 anak memperoleh sangat tinggi, 8 anak memperoleh tinggi, 7 anak memperoleh sedang dan 5 anak memperoleh rendah. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara ekstrakurikuler jarimatika terhadap kecerdasan kognitif anak di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus sebesar 53,29% dengan korelasi sebesar 0,73. Sedangkan nilai taraf signifikannya Ftabel < Fhitung (4,10 < 43,353). Dan ttabel < thitung (1,685 < 9,6340). Sehingga pengaruh antara ekstrakurikuler jarimatika terhadap kecerdasan kognitif anak di RA Tarbiyatul Islam Desa Loram Wetan Jati Kudus dinyatakan signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Jarimatika, Kecerdasan Kognitif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 03:48 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 03:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3358 |
Actions (login required)
View Item |