Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Pada KJKS BMT Mitra Muamalat Kudus

Ailina, Novi (2019) Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Pada KJKS BMT Mitra Muamalat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Semakin berkembangnya lembaga keuangan baik bank maupun non bank akan mendorong pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. KJKS BMT Mitra muamalat Kudus merupakan lembaga keuangan non bank yang menyediakan produk pembiayaan yang berbasis syariah. Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, perlu adanya identifikasi dalam strategi pemasaran dengan berbagai faktor, salah satunya melalui analisis SWOT. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana posisi produk pembiayaan murabahah pada KJKS BMT Mitra Muamalat Kudus 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada KJKS BMT Mitra Muamalat Kudus dengan menggunakan analisis SWOT Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan pengujian datanya menggunakan pengujian keabsahan data. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Posisi pembiayaan murabahah pada KJKS BMT Mitra Muamalat Kudus yaitu posisis pembiayaan murabahah di KJKS BMT Mitra Mumalat hanya menggunakan satu akad yaitu murabahah dan cara praktiknya lebih menysesuaikan pada prinsip syariah Islam, KJKS BMT Mitra Mumalat mengutamakan bagi hasil yang kompetitif dan proses yang cepat dan mudah serta berdasarkan prinsip syariah Islam dan paling utama di KJKS BMT Mitra Muamalat yaitu mengutamakan pelayanan yang baik serta memberikan fasilitas jemput bola. 2) Dari hasil analisis SWOT dapat diidentifikasikan faktor-aktor penting baik dari faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal menunjukkan bahwa KJKS BMT Mitra Muamalat berada pada posisi kuadran 1 (positif, positif) yang mana menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan dari faktor internalnya dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternalnya. Rekomendasi yang diberikan adalah Agresif, artinya KJKS BMT Mitra Muamalat dalam kondisi yang sangat menguntungkan sehingga dapat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi serta meraih kemajuan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, produk pembiayaan Murabahah, Analisis SWOT.
Subjects: Fiqih > Mu`alamat > Syarikah > Mudharabah
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:33
Last Modified: 22 Dec 2020 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item