STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MA TARBIYATUL BANIN WINONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ALTIANI, RIZA LAVENIA (2016) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MA TARBIYATUL BANIN WINONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (558kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (447kB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (459kB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru harus mampu menggunakan bahan ajar yang tepat agar peserta didik menjadi lebih aktif dan mampu memahami materi yang diajarkan. Pengembangan bahan ajar begitu penting karena mampu meningkatkan respon peserta didik. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak guru telah mampu mengembangkan bahan ajar meskipun belum di semua materi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengembangan bahan ajar yang diterapkan di MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas XI. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahan ajar di MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas XI. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Aqidah Akhlak, waka kurikulum, dan peserta didik kelas XI. Adapun lokasi penelitian berada di MA Tarbiyatul Banin Winong Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Guru pengampu Aqidah Akhlak di MA Tarbiyatul Banin telah mampu mengembangkan bahan ajar tetapi belum di semua bab. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahan ajar di MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas XI yaitu dilihat dari faktor pendukung mulai dari sarana-prasarana, adanya minat guru untuk meningkatkan kompetensinya serta respon positif dari peserta didik. Adapun faktor penghambat adalah semangat guru yang kadang turun, peserta didik yang berasal dari sekolah negeri dan pengiriman buku yang kadang terlambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Aqidah Akhlak; Pengembangan Bahan Ajar; MA Tarbiyatul Banin
Subjects: Agama
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:53
Last Modified: 04 Feb 2017 03:53
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item