Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus

Firdaus, Maulana (2019) Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (714kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

ABSTRAK Maulana Firdaus, NIM: 1510110083 angkatan 2015 dengan judul “Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus. 2) Untuk mengetahui hasil peningkatan mutu layanan pendidikan di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi dari pelaksanaan model kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer yaitu: kepala madrasah, pendidik, kependidikan dan siswa. Sumber data sekunder yaitu: arsip madrasah dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kepala MA NU Hasyim Asy’ari 03 Jekulo Kudus melaksanakan kepemimpinan transformasional sebagai upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan. Kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan melalui layanan proses pembelajaran dan layanan sarana prasarana sudah cukup baik, dengan memberikan motivasi, pelatihan, apresiasi dan juga inovasi program dalam layanan pembelajaran. Sedangkan untuk layanan sarana prasarana memberikan fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran, dalam meningkatakan mutu layanan pendidikan kepemimpinan trasformasional menjadikan para pendidik, kependidikan dan siswa semakin nyaman dalam beraktivitas serta dapat meningkatkan prestasi. Akan tetapi, ada juga faktor penghambat yaitu kurang komunikasi, persiapan dalam pembelajaran dan juga pendanaan, untuk itu kepala madrasah berupaya untuk meningkatkan komunikasi secara intensif dan memberikan bimbingan secara baik serta mengevalusi pendanaan setiap tahunnya dan disesuaikan dengan standar pembiayaan. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah dan Mutu Layanan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah dan Mutu Layanan Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:02
Last Modified: 26 Jan 2021 05:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item