Ivada, Khimayatul (2020) Intensitas Supervisi Akademik pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Prestasi PAI Siswa Boarding School di SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (568kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (766kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (393kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (737kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, interview (wawancara) kepada kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI dan peserta didik, dan melalui dokumentasi. Kemudian teknik analisisnya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Supervisi kepala sekolah pada guru PAI di SMK Balekambang jepara tahun pelajaran 2019/2020 menurut peneliti dikategorikan kurang efektif, hal itu dibuktikan dengan adanya kurang komunikasi antara kepala sekolah dengan guru PAI, kurangnya pemantauan kepala sekolah pada guru PAI, serta kurangnya evaluasi supervisor terhadap guru PAI.Kedua, Peningkatan prestasi belajar PAI siswa boarding school di SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara tahun pelajaran 2019/2020 menurut peneliti dikategorikan signifikan, hal itu dibuktikan dengan beberapa pencapaian yang didapatkan oleh siswa boarding school, diantaranya adalah: siswa boarding school mampu mengaplikasikan segala bentuk tindakan yang diajarkan oleh guru PAI seperti sholat berjamaah, melaksanakan sholat dhuha, percaya diri dalam mengemukakan pendapat, mempunyai keberanian dalam melakukan diskusi, terampil dalam melakukan praktik seperti melakukan praktik tayamum, dan praktik perawatan jenazah, serta beberapa prestasi yang telah dicapai diberbagai lomba yang ada di jepara, dan rata-rata peserta didik memiliki etika yang baik terhadap hubungan dengan pendidik dan tenaga kependidikan, serta rata-rata nilai pada pelajaran PAI adalah 80. Ketiga,Intensitas supervisi kepala sekolah pada guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa boarding school di SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara tahun pelajaran 2019/2020 menurut peneliti dikategorikan kurang efektif dan signifikan. Hal itu dibuktikan dari uraian nomor satu dan dua, bahwa intensitas supervisi kepala sekolah pada guru PAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa boarding school, yang teraplikasi dalam proses pembelajaran. Di samping itu, siswa boarding school juga memilki nilai lebih perilaku, yang dilakukan oleh tradisi pesantren, dan hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 80: diatas nilai rata-rata KKM: 7,5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 03:11 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 03:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
View Item |