Penanaman Sikap Toleransi Beragama Pada Di SMK Duta Karya Kudus Tahun 2020

Latifah, Umi (2020) Penanaman Sikap Toleransi Beragama Pada Di SMK Duta Karya Kudus Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (754kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (857kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (854kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (881kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas alasan sebagai bentuk bahan refleksi dan referensi terciptanya kerukunan antar siswa yang mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial keagamaan. di SMK Duta Karya Kudus warga sekolahnya bersifat majemuk dalam hal keagamaan, sehingga menjadi daya tarik bagi peneliti untuk meneliti bagaimana sikap toleransi tersebut dapat ditanamkan di SMK Duta Karya Kudus. penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMK Duta Karya Kudus 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMK Duta Karya Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMK Duta Karya Kudus dengan Subjek penelitian ini yaitu guru PAI dan Siswa SMK Duta Karya Kudus. Instrument atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, dan wawancara. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, triangulasi, dan panjang pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi melalui penanaman sikap toleransi beragama di SMK Duta Karya Kudus salah satunya melalui pembelajaran PAI, dengan memberikan pengajaran, bimbingan, dan memberikan motivasi. Selain itu, guru PAI selalu memberi pengertian bahwa dengan tidak memarginalkan atau mendiskriminasikan atau menganggap mereka minoritas tapi merangkul bersama, sama-sama bergandengan ini adalah bentuk keteladanan dalam keseharian. Serta menganggap mereka sebagai satu keluarga, keluarga SMK Duta Karya Kudus tidak membeda-bedakan agamanya. Kegiatan rutin dengan cara mengadakan beberapa kegiatan di hari besar umat Islam seperti Maulid Nabi, hari raya Idul Fitri. 2) Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan toleransi beragama siswa SMK Duta Karya Kudus. Faktor pendukung diantaranya: Terjadinya kerjasama antara orangtua dan guru, Kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru bidang studi lainnya, Dukungan dan motivasi dari kepala sekolah. Beberapa faktor penghambat dalam penanaman sikap toleransi beragama di SMK Duta Karya Kudus. diantaranya: Tingkat kematangan emosional siswa yang tidak sama, Tingkat kemampuan dan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda yang berada pada satu kelas, Belum tersedianya ruangan yang memadai khususnya untuk siswa katolik yang kadang ditempatkan di ruang perpustakaan saat kegiatan keagamaan berlangsung, jam pelajaran agama yang relatif sempit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Guru PAI, Penanaman Sikap.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:17
Last Modified: 27 Jan 2021 04:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item