Pratiwi, Anita Indah (2020) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Siswa Bermasalah Kesulitan Belajar Di MI NU Miftahul Ulum Honggosoco Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (718kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (437kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (146kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Kepala Sekolah dalam mengatasi Siswa bermasalah kesulitan belajar di MI NU Miftahul Ulum Honggosoco Kudus. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI NU Miftahul Ulum Honggosoco Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validitas trianggulasi sumber yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan cara yang berbeda. Waktu yang berbeda yaitu melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam waktu dan situasi yang berbeda. Sedangkan cara yang berbeda yaitu data diperoleh dengan wawancara kemudian dicek dengan observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi Kepala Sekolah dalam mengatasi siswa bermasalah kesulitan belajar di MI NU Miftahul Ulum Hoggosoco Kudus yaitu sejumlah strategi yang dilakukan Kepala Sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Kesulitan belajar dalam hal ini ialah keterlambatan dalam belajar yang dialami oleh siswa. Jenis kesulitan belajar yang dialami siswa di MI NU Miftahul Ulum Honggosoco Kudus yaitu: 1. Jenis kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan yaitu keterlambatan dalam membaca, 2. Jenis kesulitan belajar yang berhubungan dengan akademik yaitu keterlambatan dalam menulis dan keterlambatan dalam memahami konsep soal matematika. Faktor yang mempengaruhi siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor dari dalam diri siswa dan faktor lingkungan keluarga. Adapun strategi Kepala Sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar di MI NU Miftahul Ulum Honggosoco Kudus, strategi tersebut meliputi: 1) Melakukan observasi dan dokumentasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, 2) Melakukan bimbingan, 3) Melakukan kelas tambahan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Melalui strategi tersebut terjadi perubahan yang semakin baik pada hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Strategi Kepala Sekolah Mengatasi Kesulitan Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 08:16 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 08:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3423 |
Actions (login required)
View Item |