Ainiyah, Noor (2020) Analisis Pelaksanaan Goal Oriented Evaluation Model untuk Pengembangan Progam Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (391kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (732kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (635kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (506kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (786kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (332kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor-faktor yang melaksanakan evaluasi Goal Oriented Evaluation Model dalam pengembangan progam pembelajaran pada mata pelajaran fiqih. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian field Research, yang mengambil tempat penelitian di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Adapun teknik pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan uji keabsahan datanya berupa perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi. Penelitian ini mengambil data dari MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, waka kurikulum, guru Mata Pelajaran Fiqih, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan evaluasi program pembelajaran pada mapel fiqih menggunakan model evaluasi Tyler (Goal Oriented Evaluation Model) memutuskan bahwa: program pembelajaran pada mapel fiqih di MTs NU Miftahul Falah dapat dilanjutkan, evaluasi program pembelajaran pada mapel fiqih terdiri atas gambaran lingkungan sudah sesuai dengan konteks program, kebutuhan yang diperlukan oleh program seperti halnya yang diperlukan dalam pembelajaran fiqih juga sudah tersalurkan. Penilaiannya juga melalui pertimbangan sumber dan strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan umum dan tujuan khusus suatu program sudah sesuai yang direncanakan. Proses pembelajaran mata pelajaran fiqih yang berlangsung di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus sudah sesuai dengan program yang direncanakan, yakni: a) dalam penggunaan media/metode guru sudah menggunakan media/pendekatan dalam proses pembelajaran dengan variasi, tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber daya guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran mata pelajaran fiqih. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran. Adapun hasil pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan bahwa pada aspek kognitif sudah memenuhi kriteria pencapaian sebagaimana kompetensi yang harus dimiliki sesuai dengan Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar (SK/KD). Pada aspek afektif dan psikomotorik, secara umum sudah baik. Pada aspek psikomotor, keterampilan praktek pada persoalan ibadah sudah teraplikasikan ke dalam shalat berjama’ah setiap shalat dzuhur, hal ini akhirnya akan berpengaruh positif pada pembiasaan (aspek afektif) anak di rumah. Pengalaman keagamaan ini nampak dipengaruhi oleh input siswa yang katagorinya baik, yang pada akhirnya berpengaruh pada output (hasil) yang dihasilkan. (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Goal Oriented Evaluation Model adalah evaluasi selama ini hanya didasarkan aspek hasil belajar, sementara implementasi program pembelajaran di kelas atau kualitas pembelajaran yang berlangsung maupun input progam pembelajaran jarang tersentuh kegiatan penialaian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Goal Oriented Evaluation Model (Evaluasi yang Berorientasi Pada Tujuan), Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 08:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 08:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3427 |
Actions (login required)
View Item |