Penerapan Media Playdough Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Khodijah, Siti (2020) Penerapan Media Playdough Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (661kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (564kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (756kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Wedarijaksa Pati. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan penerapan media playdough dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada penerapan media playdough dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah anak-anak Kelompok Bermain Mutiara Bunda Wedarijaksa Pati sebanyak 35anak usia dini yang terdiri dari 14 laki-laki dan 21 perempuan. Sebab diadakan penelitian ini karena peneliti menganggap kemampuan kreativitas di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Wedarijaksa Pati belum berkembang dengan baik. Dalam pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas, uji transferability serta uji dependability. Setelah data-data dikumpulkan dan dianalisis dengan teknik menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verication (penarikan kesimpulan) maka diketahui hasilnya bahwa(1) pelaksanaan penerapan media pembelajaran dengan playdough efektifdigunakan dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Wedarijaksa Pati dan penerapannya dilaksanakan dengan menggunakan acuan dari rancangan pembelajaran pelaksanaan harian (RPPH), Kegiatan Pra Perkembangan, Kegiatan Perkembangan, Kegiatan Penutupdan Evaluasi,penerapannya menggunakan waktu yang bersifat kondisional. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat bukti19 anak BSB (berkembang sangat baik), 12 anak BSH (berkembang sesuai harapan), 4 anak MB (mulai berkembang) dengan begitu disimpulkan bahwa adanya peningkatan kreatifitas, munculnya ide-ide imajinatif peserta didik yang terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu, mendengarkan pendapat orang lain, dan antusias dalam mengerjakan tugas (2) faktor pendukung dalam penerepan media pembelajaran menggunakan playdough kondisi anak yang mudah diatur, fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, pengetahuan guru tentang kondisi anak dan kelancaran komunikasi antara guru dan anak. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan menggunakan media playdough meliputi waktu yang terbatas, kondisi anak yang berbeda-beda dan media pembelajaran yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Playdough Dan Kreatifitas Anak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:45
Last Modified: 02 Feb 2021 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item