Pengaruh Penerapan Perpustakaan Pojok Terhadap Minat Membaca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Di SD Unggulan Muslimat NU Kudus

Sari, Putri Intan (2020) Pengaruh Penerapan Perpustakaan Pojok Terhadap Minat Membaca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (624kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (998kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (522kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (774kB)

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah penerapan perpustakaan pojok dalam menarik minat peserta didik dalam berliterasi yang berguna bagi perkembangan kemampuan membacanya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran angket dan melakukan tes kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas II Sayyidah Khadijah SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik dengan metode analisis regresi linier dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) Pelaksanaan penerapan perpustakaan pojok pada kelas II Sayyidah Khadijah dikategorikan sedang dengan hasil presentase 48,6%. (2) Minat membaca peserta didik kelas II Sayyidah Khadijah masuk kategori tinggi dengan presentase sebesar 51,4%. Adapun kemampuan membaca memperoleh presentase sebesar 54,3%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan perpustakaan pojok terhadap minat membaca dan kemampuan memabaca peserta didik kelas II Sayyidah Khadijah SD Unggulan Muslimat NU Kudus didapatkan hasil sebanyak 0,835 yang dikategorikan ke dalam hubungan yang sangat kuat. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi memperoleh hasil sebesar 69,7%. Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah dengan diadakannya perpustakaan pojok di setiap kelas berjalan dengan baik. Perpustakaan pojok di SD Unggulan Muslimat NU Kudus tersedia berbagai macam bahan bacaan di masing-masing kelas yang sesuai dengan perkembangan usia peserta didik. Adapun manfaat atau implikasi bagi pekembangan literasi adalah dengan adanya program perpustakaan pojok maka akan menimbulkan kecintaan peserta didik terhadap membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perpustkaan Pojok, Minat Membaca, Kemampuan Membaca.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:20
Last Modified: 04 Feb 2021 07:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item