Revitalisasi Pendidikan Islam Perspektif Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph. D

Azizah, Wahyu Robiatul (2020) Revitalisasi Pendidikan Islam Perspektif Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph. D. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (451kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Revitalisasi pendidikan Islam perspektif Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph. D. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan literature (kepustakaan) baik berupa buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya yang ada di dalam perpustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Metode dokumentasi yaitu mencari data penelitian yang bersumber pada tulisan. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data yaitu menggunakan metode analisis isi (analisis conten). Hasil penunjukkan bahwa: Revitalisasi pendidikan Islam perspektif Prof. H. Abdurrahman Mas’ud pada tahun 2004 terkait permasalahan pendidikan yakni kurangnya minat baca, minat belajar, minat menuntut ilmu dan moral yang semakin menurun. Maka dengan demikian lebih menekankan pada pemahaman dan penanaman dalam diri peserta didik terkait pentingnya aktualisasi dasar diwajibkannya menuntut ilmu, yaitu pada wahyu pertama, adanya fomat pendidikan multikultural yaitu dengan adanya pendidikan pesantren untuk menjadikan moral semakin membaik dan juga adanya eksistensi madrasah yaitu dengan diupayakan melalui pola pikir serta skill seorang kiai atau guru. Dengan adanya hal tersebut, maka formulasi yang ditawarkan oleh Prof. H. Abdurrahman Mas’ud pada tahun 2004, sebagai responden atas problem pendidikan yang mana menyadarkan pentingnya baca dan pena dalam perspektif Al-Qur’an di saat minat baca, tulis, belajar para generasi muda menurun dan dengan diterapkannya sistem pendidikan nasional yaitu dengan adanya pendidikan pesantren maka sedikit demi sedikit akan merubah moral yang kurang baik menjadi lebih baik dan tentu perlu adanya eksistensi madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:10
Last Modified: 05 Feb 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item