Pujianto, Pujianto (2020) Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB Dan KPK Di MI Nahjatul Falah Margoyoso Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (441kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (409kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (229kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (200kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kemudian tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis, faktor dan solusi dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB di MI Nahjatul Falah Bulumanis Kidul. Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik purposive sampling. Subyek yang menjadi bahan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru pengampu mata pelajaran matematika dan tiga siswa kelas IV pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Data yang diambil berdasarkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta dalam pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi (Sumber, teknik dan Waktu). Kemudian analisis yang dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi, display dan kesimpulan Hasil penelitian terkait jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas IV MI Nahjatul Falah menunjukkan bahwa 1). Jenis kesulitan yang dialami siswa dibagi menjadi dua yaitu kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan dan kesulitan belajar akademik. Kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan ada empat, yaitu a). Tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, b). Daya ingat yang kurang kuat, c). Kurangnya hafalan siswa, dan d). Kurangnya minat siswa. Sedangkan kesulitan belajar akademik ada dua yaitu a). Kesulitan dalam menentukan faktorisasi, dan b). Kesulitan dalam memahami konsep perkalian pembagian dengan penjumlahan pengurangan, 2). Mengenai faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Yang termasuk dalam faktor internal ada 3 yaitu kurang percaya diri, kurangnya pemahaman akan soal cerita dan kurang konsentrasi serta aktif dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan yang termasuk dalam faktor eksternal ada 3 yaitu tingkat pendidikan orang tua, ketersediaan kuota untuk pembelajaran, dan tidak bisa tatap muka. 3). Alternatif solusi yang dilakukan yaitu dengan melakukan pendekatan individu, memotivasi siswa agar semangat dalam belajar dan melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Kesulitan Belajar, FPB dan KPK |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 03:06 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 03:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3474 |
Actions (login required)
View Item |