Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darussa’adah Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Izza, Amalia Shofiatul (2020) Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darussa’adah Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (799kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan dan menganalisis tentang: (1) Untuk mengetahui hasil diskripsi Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. (2) Untuk mengetahui faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Disini penulis mengambil lokasi di Pondok Pesantren Darussa’adah Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan display data (penyadian data). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an telah sesuai dengan teori yang dijelaskan oleh para ahli. Bahwasannya telah sesuai prosedur dan pedoman yang telah ditentukan. Sehingga santri dalam prakteknya dapat melaksanakan tahap-tahap metode takrir dengan baik. Dari tahap persiapan menyiapkan materi hafalan takrir sendiri. Kemudian tahap pelaksannan yaitu men-simakkan dan mentakrirkan materi hafalan yang telah disiapkan untuk di setorkan kepada guru tahfidz. Kemudian tahap evaluasi penghafal mengulang-ulang hafalan yang dirasa kurang sempurna dan belum lancar dan setelah lancar kemudian mengikuti tes takrir untuk evaluasi yang telah diadakan oleh pondok. (2) Faktor Pendukung dalam penerapan metode takrir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an adalah adanya kualitas pembinaan yang baik dibidangnya, faktor lingkungan yang mendukung serta tenang, motivasi dari guru tahfidz, motivasi dari dalam diri sendiri, adanya kemauan serta kemampuan, umur yang masih muda untuk waktu menghafal Al-Qur’an dan sarana-prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah malas, fokus yang terbagi, kurangnya istiqomah dalam mentakrir hafalan Al-Qur’an. (3) Keberhasilan penerapan metode takrir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an sudah efektif hal ini ditunjukkan dari semakin banyaknya santri mentakrir, maka hafalan santri meningkat semakin cepat, tetap terjaga, lancar, baik, benar dari segi makhraj dan tajwidnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode takrir, Hafalan Al-Qur’an, Pondok Pesantren Darussaadah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:55
Last Modified: 08 Feb 2021 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item