Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Menumbuhkan Keberagamaan Bagi Anak Penyandang Masalah Kebutuhan Sosial di Perumahan Sosial Argopuro Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Setyawan, Osza Eka (2020) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Menumbuhkan Keberagamaan Bagi Anak Penyandang Masalah Kebutuhan Sosial di Perumahan Sosial Argopuro Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (941kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk mengetahui, terutama terkait dengan hal-hal: (1) Pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan keberagamaan bagi anak penyandang masalah kebutuhan sosial di Perumahan Sosial Argopuro Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan keberagamaan bagi anak penyandang masalah kebutuhan sosial di Perumahan Sosial Argopuro Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. (3) Hasil pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan keberagamaan bagi anak penyandang masalah kebutuhan sosial di Perumahan Sosial Argopuro Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi 2 orang tokoh agama, 1 orang pengurus dan 5 orang anak. Teknik sampling informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan keberagamaan bagi anak penyandang masalah kebutuhan sosial di Perumahan Sosial Argopuro Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dilaksanakan dengan pembinaan melalui bimbingan agama Islam, keteladanan, pembiasaan. Bimbingan agama Islam memberikan pegetahuan, penyadaran dan kekuatan pada kemampuan diri sendiri dalam mengatasi problema hidup dan kehidupan sehari-hari melalui pengajian yang secara rutin dilaksanakan. 2) Faktor pendukung bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan keberagamaan bagi anak penyandang masalah kebutuhan sosial yaitu adanya relawan tenaga ustad yang mengajar secara sukarela, adanya tempat sebagai sekretariat bagi para pembina, adanya kesadaran dan keinginan kuat dari diri anak tersebut untuk menjadi lebih baik, Fator penghambat adalah belum memadai sarana dan prasarana di Lembaga Keagamaan Perumahan Argopuro, tidak ada donatur tetap yang memberikan sumbangsih dana, kurangnya pemahaman orang tua anak jalanan terhadap kegiatan Lembaga Keagamaan Perumahan Argopuro dan pergaulan anak jalan dengan lingkungan. 3) Hasil Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam menumbuhkan Keberagamaan bagi Anak Penyandang Masalah Kebutuhan Sosial yaitu berkembangnya keberagamaan anak, meskipun demikian perilaku beragama anak di Perumahan Sosial Argopuro Hadipolo Kudus beragam, ada yang memiliki perilaku beragama yang baik namun ada juga yang perilaku beragamanya kurang. Anak yang memiliki perilaku beragama tinggi sebagian besar mengikuti Kegiatan keagamaan Perumahan Sosial Argopuro Hadipolo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Keberagamaan Bagi Anak Penyandang Masalah Kebutuhan Sosial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 360 Permasalahan Sosial dan Layan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:15
Last Modified: 11 Feb 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3515

Actions (login required)

View Item View Item