Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Dewi, Rahmawati (2021) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (846kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (637kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi partisipasi aktif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji keabsahan data berupa uji kredibilitas yakni menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Selain itu, untuk teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hiberman dibagi dalam 3 tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI NU Islamiyah Gamong dapat dilihat dengan adanya perubahan sikap siswa menjadi lebih baik dan kearah positif. Selain itu prestasi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak juga ditandai dengan hasil belajar siswa yang sebagian besar telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh madrasah. 2) kompetensi pedagogik guru dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, terdapat tiga kompetensi pedagogik yang diteliti yaitu: guru Akidah Akhlak di kelas IV MI NU Islamiyah Gamong mampu merencanakan rencana pembelajaran, menganalisis karakter siswa, kemudian guru melaksanakan evaluasi penilaian hasil belajar siswa dengan baik dan berbagai macam teknik, sehingga menghasilkan prestasi belajar siswa yang sangat variatif. 3) kompetensi pedagogik guru dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MI NU Islamiyah Gamong tahun pelajaran 2020/2021 tidaklah berjalan dengan lancar, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran yaitu penerapan metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi serta terbatasnya media pembelajaran yang disediakan oleh Madrasah serta guru tidak bisa memnafaatkan secara maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:00
Last Modified: 15 Feb 2021 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item