Nidhom, Nailun (2020) Penerapan Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits Di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (682kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (405kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (427kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (487kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (305kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (603kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (336kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus tahun pelajaran 2019/2020 (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits di RA Basyirul Anam Jati Wetan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Di sini peneliti mengambil lokasi di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus. Subyek penelitiannya adalah anak anak di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 5 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelituan ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji kredibitas data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulas. Teknik analisis data dalam peneitian ini ditempuh cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits pada pembelajaran anak usia dini di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus dilaksanakan pendidik melalui tahapan, yaitu: pertama, kegiatan pembukaan, tahapan kedua, kegiatan inti dengan pemberian tugas dengan melafalkan hadits tentang hadits tersenyum dan memperagakan gerakan dalam menghafal hadits, tahapan ketiga, kegiatan penutup, ealuasi anak. 2) Faktor pendukung dalam menerapkan metode gerakan dalam menghafal hadits pada pembelajaran anak usia dini di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus, yaitu kondisi anak yang mudah diatur, fasilitas/lingkungan yang memadai, sarana dan prasarana, pengetahuan guru tentang anak atau komunikasi anak dengan guru yang berjalan lancar. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits pada pembelajaran anak usia dini di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus adalah waktu yang terbatas dan kondisi anak yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Gerakan dan Menghafal hadits |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 07:52 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 07:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3576 |
Actions (login required)
View Item |