Penerapan Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits Di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020

Nidhom, Nailun (2020) Penerapan Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits Di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus tahun pelajaran 2019/2020 (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits di RA Basyirul Anam Jati Wetan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Di sini peneliti mengambil lokasi di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus. Subyek penelitiannya adalah anak anak di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 5 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelituan ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji kredibitas data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulas. Teknik analisis data dalam peneitian ini ditempuh cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits pada pembelajaran anak usia dini di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus dilaksanakan pendidik melalui tahapan, yaitu: pertama, kegiatan pembukaan, tahapan kedua, kegiatan inti dengan pemberian tugas dengan melafalkan hadits tentang hadits tersenyum dan memperagakan gerakan dalam menghafal hadits, tahapan ketiga, kegiatan penutup, ealuasi anak. 2) Faktor pendukung dalam menerapkan metode gerakan dalam menghafal hadits pada pembelajaran anak usia dini di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus, yaitu kondisi anak yang mudah diatur, fasilitas/lingkungan yang memadai, sarana dan prasarana, pengetahuan guru tentang anak atau komunikasi anak dengan guru yang berjalan lancar. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits pada pembelajaran anak usia dini di RA Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus adalah waktu yang terbatas dan kondisi anak yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Gerakan dan Menghafal hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:52
Last Modified: 19 Feb 2021 07:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3576

Actions (login required)

View Item View Item