Nasir, Muhammad Fikri Abdun (2020) Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Tema Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V Mi Al-Ishlah Tengguli Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (862kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (794kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (474kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan Metode Problem Based Learning berbantuan media alat peraga pada mata pelajaran IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa Kelas V MI Al-Ishlah Tengguli Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan Metode Problem Based Learning berbantuan media alat peraga pada mata pelajaran IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa Kelas V MI Al-Ishlah Tengguli Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2020/2021, 3) Untuk mengetahui pengaruh antara penerapan Metode Problem Based Learning berbantuan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa Kelas V MI Al-Ishlah Tengguli Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk memperoleh signifikansi pengaruh penerapan metode problem based learning berbantuan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V, Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan tes, Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Al-Ishlah Tengguli Bangsri Jepara. Kelas tersebut dibagi 2 kelas yaitu kelas V A dan dan kelas V B. Kelas V A akan dijadikan kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan metode problem based learning berbantuan media alat peraga. Kelas V B dijadikan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25.0 menggunakan rumus one sample kolmogrov-smirnov. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori cukup, hal ini dapat dibuktikan dari hasil posstest kelas kontrol yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 73,1. 2) Hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran problem based learning berbantuan media alat peraga termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil posstest kelas kontrol yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 83,6. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode problem based learning berbantuan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema panas dan perpindahannya siswa kelas V di MI Al-Islah Tengguli Bangsri Jepara tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Media Alat Peraga, Disiplin Kerja, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 02:25 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 02:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3581 |
Actions (login required)
View Item |