Janah, Nur (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (457kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (941kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (806kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (641kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (551kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (flied research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan mendatangi langsung lokasi atau tempat penelitian untuk mencari bahan-bahn yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan studi lapangan di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas V, cara pengambilan sampelnya berdasarkan teknik sampling jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel karena jumlah populasi relatif kecil. Kemudian diuji dengan uji statistik menggunakan regresi eksponensial dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V pada mata pelajaran matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus dengan persamaan regresi Y ̂=3,19 + 0,587X1. Kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,940. Berdasarkan hasil koofisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru memberikan konstribusi sebesar 88,5% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:04 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3589 |
Actions (login required)
View Item |