Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui Pemanfaatan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Membaca Buku-buku Agama Islam di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak

Khotimah, Khusnul (2020) Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui Pemanfaatan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Membaca Buku-buku Agama Islam di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

Gerakan literasi sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik terutama peranan perpustakaan. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam membaca buku-buku agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama Islam, bagaimana peran perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama Islam, serta apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama Islam di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak dengan waktu penelitian sejak Oktober 2019 sampai dengan April 2020. Subyek penelitian ini adalah kepala dan pengelola perpustakaan madrasah, sedangkan informan dari penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, waka sarpras, guru PAI, dan 4 orang siswa, 2 putra dan 2 putri. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifiasi. Setelah semua data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama Islam di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak telah dilaksanakan jauh sebelum adanya ketetapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang GLS akan tetapi secara formal telah dilaksanakan sejak tahun 2015 atau 2016 sejak adanya ketetapan terebut didukung dengan berbagai kegiatan yaitu gerakan 15 menit membaca sebelum mulai proses pembelajaran yang diadakan perpustakaan bekerjasama dengan guru mapel PAI, pemilihan duta pustaka, outdoor classroom day, dan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh perpustakaan bekerjasama dengan OPMA dan organisasi masyarakat. 2) Peran perpustakaan dalam menigkatkan meningkatkan minat membaca buku-buku agama Islam di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak adalah sebagai sumber belajar yang menyediakan banyak informasi dan ilmu pengetahuan, berperan institusi yang mengembangkan minat dan kesadaran membaca siswa melalui persediaan bahan bacaan yang disediakan dan dibutuhkan, serta berperan sebagai fasilitataor, mediator, dan motivator bagi semua orang yang ingin mencari, dan mengembangkan ilmu pengetahuannya dengan terus menambah fasilitas buku bacaan yang dibutuhkan oleh siswa terutama buku bacaan yang mengandung unsur agama Islam. 3) Faktor yang mendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama Islam di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak diantaranya adalah tersedianya fasilitas yang bagus dan memadai, tersedianya banyak buku referensi, minat membaca siswa yang tinggi, dan peran serta bapak ibu guru mapel PAI. Sedangkan faktor yang menghambat adalah masih kurangnya referensi keislaman serta beberapa guru yang masih kurang dalam memanfaatkan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:57
Last Modified: 25 Feb 2021 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3599

Actions (login required)

View Item View Item